Friday, December 30, 2016

Cara Menciptakan Watermark Di Word 2007

Cara menciptakan watermark di word 2007, Baiklah para teman-teman blog tentangwebsites, kali ini akan saya bagikan seputar Microsoft word/ms word adalah cara untuk menciptakan watermark di word 2007,  watermark atau tanda air yang sanggup anda gunakan sebagai identitas file bahwa file tersebut milik anda, watermark sanggup anda gunakan juga sebagai tanda tangan atau hak cipta kepemilkian file word anda, pada umumnya watermark ini memakai teks atau goresan pena Do Not Copy, artinya file word tersebut dihentikan di salin atau copas, bila anda seorang publisher file melalui dunia internet pada file-file word tersebut sanggup anda tandai dengan cara ini nantinya (watermark)

Dan dalam pembuatan watermark di lembar kerja ms word 2007 ini ada beberapa pilihan, selain di ms word 2007 menyerupai ms word 2010, ms word 2013 maka silahkan anda sesuaikan saja kemungkinan tidak jauh berbeda. yang nantinya anda sanggup menentukan salah satu jenis watermark sesuai selera yaitu:
  1. Cara Membuat Watermark dari Teks
  2. Cara Membuat Watermark dari Gambar
  3. Cara Membuat Watermark di Halaman Tertentu

Baiklah kini akan kami uraikan satu persatu dari ketiga macam pembuatan watermark di ms word tersebut, simak secara seksama pada langkah-langkah berikut:

Simak juga : Cara menghilangkan watermark pada file pdf

1. Cara Membuat Watermark dari Teks



  1. Pertama silahkan anda buka trlbih dahulu lembar kerja kegiatan ms word
  2. Pada sajian tab Page Layout, pada Page Background group pilih Watermark
  3. Selanjutnya silahkan anda lakukan langkah-langkah berikut:
 Baiklah para teman-teman blog tentangwebsites cara menciptakan watermark di word 2007

1). Jika anda ingin menciptakan watermark yang telah terseia pada galeri ms word, menyerupai teks Confidential, Do Not Copy, maka klik saja pada teks tersebut maka otomatis akan eksklusif jadi watermarknya.
2). dan bila anda ingin menciptakan teks watermark sendiri, maka silahkan klik Custom Watermark untuk membuka kotak obrolan Printed Watermark. dan kemudian anda lakukan hal-hal berikut::

 Baiklah para teman-teman blog tentangwebsites cara menciptakan watermark di word 2007
  1. Untuk language atau bahasa, sanggup anda abaikan saja bila telah english atau indo.
  2. Kemudain pada sajian text, Klik/pilih pada kotak di samping Text >> ketikkan teks yang anda harapkan, kalau di atas tertera goresan pena atau teks CONFIDENTIAL" jadi teks tersebut sanggup anda rubah sesuai yang anda inginkan semisal "no copy", "by tentangwebsites" atau yang lainnya.
  3. Dan pada sajian Font format Font/tulisan (tipe font), sanggup pilih terlebih dahulu font apa kiranya berdasarkan anda anggun dan cocok untuk watermark
  4. Sedangkan untuk Size (ukuran), dan juga Color (warna) sanggup anda sesuai selerajuga yang anda inginkan.
  5. Pada sajian Layout watermark silahkan anda pilih anatara Diagonal (miring) dan Horizontal (mendatar)
  6. Apply >> OK. Selesai

Note: Watermark akan sanggup dilihat bila tampilan Print Layout dan Full Screen Reading.

2. Cara Membuat Watermark dari Gambar
  1. Buka halaman lembar ms word
  2. Kemudian pilih sajian tab Layout, pada Page Background group kemudian klik Watermark.
  3. Klik "Custom Watermark" untuk membuka sebuah kotak obrolan "Printed Watermark".
  4. Klik "Picture watermark", dan selanjutnya klik "Select Picture". (Perhatikan pada gambar nomor 2 di atas)
  5. Kemudian silahkan anda pilih gambar/foto yang anda inginkan dan dilanjutkan klik Insert.
  6. Atur Posisi, persentase ukuran gambar pada Scale.
  7. Selesai

3. Cara Membuat Watermark di Halaman Tertentu


Untuk menciptakan watermark pada halaman tertentu saja maka kita harus memisahkan dokumen dengan cara menciptakan section. sebagai teladan pada foto/gambar, dokumen terdiri dari 3 section dan akan dibentuk watermark pada section 2 saja.
Ada 3 langkah yang perlu anda lakukan sebagai adalah sebagai berikut:

1. Membuat Section Break
Buat 3 buah section break dengan cara berikut: pada Page Layout tab, Page Setup group, klik Breaks, dan klik Next Page di bab Section Breaks.

    
2. Menghapus Link Antar Section
Sekarang kita akan menghapus link antar section supaya watermark tidak muncul di section 1 dan 3.
  1. Klik ganda pada bab header/footer section 1 untuk memunculkan Header & Footer Tools.
  2. Pada Header & Footer Tools, Design tab, Navigation group, pada bab Header dan juga Footer nonaktifkan Link to Previous dengan cara mengkliknya supaya header/footer antar section tidak berhubungan.

 Baiklah para teman-teman blog tentangwebsites cara menciptakan watermark di word 2007
Dan ulangi langkah- langkah di atas untuk section 3.

Note: Anda sanggup berpindah antara Header dan Footer dengan cara klik Go to Header atau Go to Footer. Untuk berpindah antar section, klik Previous Section atau Next Section.

3. Membuat Watermark
  1. Pertama dowble klik pada area header/footer di halaman yang ingin anda kasih watermark, semisal pada section 2.
  2. Pastikan bab header/footer tetap aktif dan klik Page Layout pada sajian tab >> Page Background group >> klik Watermark. selanjutnya lakukan langkah-langkah menciptakan watermark menyerupai pada teladan di atas.

Note: Jika anda memakai watermark teks dari galeri watermark teks maka watermark akan muncul pada section yang disisipkan saja . Dan watermark akan muncul di semua section bila memakai Custom Watermark. maka dari itu anda harus menghapus pada setiap section yang tidak ingin anda beri watermark. sedangkan untuk langkah pembatalan watermark tersebut anda sanggup perhatikan pada gambar pertama di atas pada sajian paling bawah terdapat "Remove watermark" dan tinggal klik saja.

Demikianlah tadi uraian wacana cara menciptakan watermark di ms word 2007 secara lengkap, supaya bermanfaat bagi anda yang membutuhkan bahan ini hingga jumpa pada artikel menarik lainnya, salam. jangan lewatkan juga bahan menarik lainnya Cara mengubah jenis abjad pada Microsoft word 2007

No comments:

Post a Comment