Sunday, January 22, 2017

Jika Benar Ada Dongeng Pahit Lidah, Mungkin Inilah Peninggalan Yang Sebenarnya

Jika benar ada kisah si pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya, Judul ini muncul dalam benak kami dikala sehabis berbincang-bincang dengan salah salah satu warga pematang kuyung atau kuyung bawah atau desa negeri kelumbayan kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Lampung, sebuah desa yang berdampingan dengan Pematang Serunting pada dikala Kami liburan ke wisata Teluk Kiluan Lampung yang beum usang ini. percakapan tersbut mengenai kisah si pahit pengecap yang konon katanya dari kawasan lampung, Jika memang benar ada kisah pahit pengecap kemungkinan besar gunung tanggang dan pematang serunting inilah yang pernah di jamah oleh legenda si pahit lidah.

Kenapa aku memilki persepsi ini? sebab dari dongeng salah satau warga masyarakat sekitar tersebut. Saya memperoleh isu ini dari salah satu orang warga sekitar (nama tidak dapat aku sebutkan sebab belum mendapat persetujuan) yang sudah kami anggap sesepuh di dusun pematang kuyung bawah Desa negeri Kelumbayan Kec. Kelumbayan Kab Tanggamus ini dikala ia melihat sinetron kisah pahit pengecap pada tayangan televisi pada dikala itu. Setelah ia melihat program televisi sinetron si Pahit pengecap atau Serunting dan si putri Tenggang, ia beranggapan jikalau memang benar si Pahit pengecap berasal dari wilayah Lampung berarti Pematang Serunting dan Gunung Tanggang inilah peninggalannya.

3 Bukti bahwa ini benar Peninggalan si Pahit pengecap

Saya telusur lebih lanjut dengan mendatangi bebrapa lokasi sekitar gunung tenggang dan melewati desa serunting maka anggapanku tidak mengecewakan meruncing denga dugaan bukti-bukti sebagai berikut:

1. Adanya Gunung yang berjulukan Gunung Tanggang, dan aku beranggapan Gunung inilah dulunya di kisahkan sebagai Putri Tenggang. jadi Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Gunung Tanggang ini aku rasa yakni dulunya yang di kisahkan pada kisah si Pahit pengecap dengan sebutan si Putri Tenggang.

2. Adanya Pematang yang berjulukan Pematang Serunting, Sedangkan Serunting yakni nama kecil si Pahit pengecap dan aku beranggapan nama Serunting ini di buat sebuah nama Pematang yaitu Pematang Serunting Desa Negeri Kelumbayan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung. dan berikut yakni gambar Gunung Tenggang dan Pematang Serunting di bawahnya serta adanya Wisata Batu suluh di sekitarnya :

 mungkin inilah peninggalan yang bergotong-royong Jika benar ada kisah pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya

3. Selain dari pada itu juga berdasarkan isu dari salah satu warga tersebut juga ada gunung yang ibarat batu-batuan mirip dengan batu-batuan yang untuk pemasangan wuwu (penangkap ikan). dan aku beranggapan bahwa batu-batuan tersebut yakni wuwu peninggalan si Pahit pengecap dulunya, dan yang ini tidak dapat aku jangkau sebab terbilang jauh dan curam.

Jika di lihat dari lokasi dan kondisi sampai dikala ini tidak ada yang namanya tenggang dan serunting di Propinsi Lampung selain dari pada gunung Tanggang dan Pematang serunting selain di lokasi kecamatan ini Kec. kelumbayan kabupaten tanggamus ini.

Kaprikornus Setelah ia mengamati kisah si pahit pengecap yang ada di televisi ia menyampaikan mirip itu "Kemungkinan besar gunung tanggang dikala ini dulunya pengambilan nama Putri tenggang dikala itu, sedangkan serunting yang dulunya menjadi nama kecil si pahit pengecap di jadikan nama sebuah pematang yang dikala ini berjulukan pematang serunting"

Untuk melewati lokasi sekitar Gunung Tanggang ini cukup curam dan menggearkan, kebetulan aku memilki saudara dari desa Neeri Kelumbayan ini dan cukup setia menemaniku untuk mengamatinya.

 mungkin inilah peninggalan yang bergotong-royong Jika benar ada kisah pahit lidah, mungkin inilah peninggalan yang sebenarnya

Semoga Informasi ini memberi manfaat bagi teman-teman sekalian, Jika anda ingin menerangkan adanya Gunung Tanggang dan Pematang Serunting maka anda dapat mendatangi eksklusif lokasinya yang pernah aku kunjungi yaitu di Desa Negeri Kelumbayan Kec. Kelumbayan Kab. Tanggamus Lampung. supaya bermanfaat. Berikut aku sertakan vidionya hasil rekaman kami di lokasi sekitar gunung tanggang, pematang serunting dan pinggiran pantai watu suluh:


Silahkan anda simak juga tempat-tempat objek wisata yang sangat menarik di bawah ini: Wisata watu suluh lampung

No comments:

Post a Comment