Thursday, March 26, 2020

5 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Oppo

– Smartphone oppo dibekali dengan internal storage yang cukup majemuk disetiap seri yang dipasarkan. Tetapi tidak dipungkiri bahwa kebanyakan pengguna merasa bahwa memori internal yang diberikan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan akan daya tampung dari berbagai file yang disimpan. Salah satu dilema yang sering terjadi yakni munculnya keterangan “tidak cukup ruang pada perangkat” Oppo ini.

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada oppo mampu dilakukan melalui beberapa solusi. Tetapi sebelum saya menjelaskannya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang mampu mengakibatkan peringatan ini muncul. Penyebab tidak cukup ruang pada perangkat oppo pada dasarnya terjadi alasannya yaitu yakni penyimpanan internal telah penuh digunakan oleh berbagai aplikasi dan file. Misalnya oleh data aplikasi, sistem sampai foto dan musik yang tidak Anda pindahkan ke microSD. Yang pada akhirnya, dikala kita akan menginstall aplikasi baru, selalu muncul “tidak cukup ruang pada perangkat” dan selalu gagal.

 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat OPPO 5 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Oppo

Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat OPPO

Smartphone Oppo dibekali dengan versi Android OS dan skin ColorOS yang berbeda. Dalam tutorial ini tak hanya akan mengatakan solusi bagi penyimpanan sistem oppo penuh saja, namun juga mampu menjadi salah satu cara mengatasi ruang penyimpanan yang hampir habis. Entah itu pada Oppo Joy, Oppo F1, R9, Oppo Neo dan seri lainnya.
1. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD.
Dimulai dari Android 4.0 Kitkat, para pengguna sudah mampu memindahkan aplikasi yang sudah terpasang ke kartu eksternal tanpa root. Fitur ini pun tentunya ada pada setiap seri smartphone Oppo meskipun navigasi atau tampilan pengaturan akan berbeda dari tiap versi OS-nya.
2. Pindahkan Default Pemasangan Aplikasi ke MicroSD.
Jika cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada hp oppo diatas bertujuan untuk memindahkan aplikasi yang sudah terinstall, maka solusi kedua ini yakni untuk mengatur supaya semua aplikasi yang akan Anda download dari play store secara otomatis terpasang di kartu microSD. Untuk tutorialnya, silahkan baca disini : 2 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Oppo
3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting.
eskipun aplikasi telah Anda pindahkan ke kartu memori eksternal, namun pada dasarnya sistem aplikasi tetap berada pada internal memory. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun tidak menutup kemungkinan mampu menjadi salah satu penyebab munculnya keterangan “tidak cukup ruang pada perangkat”. Untuk itu sebaiknya Anda hapus saja aplikasi yang jarang digunakan.
4. Pindahkan File Hiburan Seperti Foto, Music, Video.
Sepertinya yakni hal yang wajib dilakukan oleh semua pengguna untuk selalu menyimpan berbagai file media hiburan di microSD. Contohnya saja pada Oppo F1s yang memiliki keunggulan pada kamera untuk selfie, ukuran file dari setiap foto pasti cukup besar mampu sampai 5MB perfotonya. Untuk itu atur supaya setiap kita mengambil foto eksklusif tersimpan ke kartu memori. Begitu pun dengan aplikasi lainnya.
5. Factory Reset.
Cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat Oppo yang terakhir ini mampu Anda lakukan jika memang smartphone tersebut mengalami error. Factory reset akan memperbaiki semua sistem supaya kembali ke pengaturan awal. Tapi ingat, lakukan backup sebelum factory reset supaya nantinya praktis untuk restore data setelah factory reset ini.

Itulah beberapa solusi cara mengatasi "tidak cukup ruang pada perangkat" oppo, jika And mengalami kendala atau memiliki trik lain, silahkan sharte didalam kolom komentar.
Baca juga:

Sumber https://8tutorialandroid.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment