Thursday, October 3, 2019

7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Gampang Pada Hp Android

Touchscreen hp android error - Bagaimana cara mengatasi touchscreen yang error di hp ataupun tablet android ? Cara memperbaiki layar sentuh hp android yang tidak berfungsi ialah suatu hal yang patut kita ketahui mengingat layar LCD merupakan salah satu perangkat terpenting dari smartphone android. Tidak sedikit para pengguna ponsel android yang mengeluhkan akan problem pada touchsreen android menyerupai touchscreen bergerak sendiri, touchscreen tidak berfungsi sebagian, hingga layar sentuh tidak merespon. Untuk itu pentingnya suatu pengecekan harus dilakukan jikalau terjadi kerusakan pada LCD hp android tersebut sebelum kita memutuskan untuk mengganti touchscreen atau layar sentuh yang baru.

Namun tidak semua problem layar sentuh yang tidak sanggup disentuh pada hp android harus dilakukan penggantian layar LCD android tersebut. Sebenarnya penyebab layar sentuh hp android yang error mempunyai beberapa faktor yang menjadikan cara memperbaiki kerusakan layar sentuh yang berbeda pula. Misalnya saja dengan mengatur sensitif layar android saja kita sudah sanggup mengatasi touchscreen error yang tidak sanggup disentuh sebagian ataupun touchscreen bergerak sendiri. Selama layar sentuh hp android yang rusak tersebut bukan lantaran sisi hardwarenya maka kecil kemungkinan bagi kita untuk mengganti LCD touchscreennya.

Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini smartphone solution akan mencoba memperlihatkan beberapa tips untuk mengatasi problem pada hp android yang mengakibatkan layar touchscreen menjadi error. Solusi yang akan kami berikan dibawah ini ialah langkah awal untuk memperbaiki Layar arau LCD touchscreen yang error, baik layar jalan sendiri (Ghost Touch) atau layar sentuh yang tidak mau jalan. Sehingga kita sanggup lakukan sendiri tanpa harus membawa smartphone android tersebut ke tukang service ataupun service center terdekat terlebih dahulu. Mari eksklusif saja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi layar sentuh / touchscreen error di hp android secara lengkap berikut ini.

7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android


Cara memperbaiki layar sentuh hp <a href=android yang tidak berfungsi 7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" border="0" data-original-height="432" data-original-width="327" height="400" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfxfonYjfPL8c3Hf4uOEoCFQ4Oc-m9cW8M_nvyS8yRwK5T1817n8fgprpHjUYjX8Za2ms3NdQ1lLtTHIa1Dbb7huh_Uxx0N_lrs9QOrF2b879j2q6ZtXjC8owkd-Q6rfjipC9j6XHzFEml/s400/cara+mengatasi+touchscreen+error.jpg" title="7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" width="302" />

1. Touchscreen tidak berfungsi sebagian

android%2Brusak%2Bsebagian.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">Cara memperbaiki layar sentuh hp <a href=android yang tidak berfungsi 7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" border="0" data-original-height="600" data-original-width="700" height="274" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjG9RSIsCtSqPWtfAR7jzTz-bSIV4XaYEqVWTYFMiJArbuwPxY_TWDBSGHTLADpXE_1wXHXG0r4pl7B86UESZloajKIGzuwr8ZbEMpy2eG15gW124y7QR_ZbWdYtTQIEU_EIIQa9f99ngGs/s320/touchscreen+android%2Brusak%2Bsebagian.jpg" title="7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" width="320" />

Ulasan yang pertama kali ini akan membahas wacana bagaimana cara mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian. Langkah ini perlu untuk kita coba ketika kita hendak memperbaiki layar sentuh tidak merespon. Dimana tombol touchscreen hp android datang - datang mati sehingga kita tidak sanggup melaksanakan acara untuk mengirim pesan singkat ataupun chatting. Oleh lantaran itu kita perlu mencoba melaksanakan pengecekan dengan mengaktifkan sajian Pointer Location, untuk mengaktifkan Pointer Location kita harus masuk ke Developer Options terlebih dahulu. Ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke sajian Setting kemudian klik About
  2. Setelah itu muncul Build Number, Klik sebanyak 5x atau 7x (beda brand ponsel beda cara) hingga muncul sajian Mode Pengembang.
  3. Setelah muncul sajian Developer Options, klik dan akan muncul sajian Pointer Location. Centang pada kolom Pointer Location untuk mengaktifkannya.
  4. Apabila sudah mengaktifkan sajian pointer Location, pada layar hp android kita akan muncul garis ketika touchscreen disentuh. Garis yang muncul mengambarkan pecahan touchscreen atau layar sentuh yang disentuh masih baik dan berfungsi dan apabila pada semua pecahan terlihat sanggup diklik menyerupai itu maka kemungkinan layar masih dalam kondisi bagus, sehingga problem layar error sebagian bukan lantaran dampak layar touchscreen hp android tersebut.

2. Layar sentuh yang tidak mau disentuh atau bergerak sendiri

android%2Bbergerak%2Bsendiri.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">Cara memperbaiki layar sentuh hp <a href=android yang tidak berfungsi 7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" border="0" data-original-height="600" data-original-width="700" height="274" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAws30HHVSt0h8RZ5N1X_3GyejrnExwx4kWzjAGgoBcIss9H7UTU7F3XC2BjMOdxBRQwFNazafUF4c2SR_jwJJBlTowaGrmFq7fmAhIQ2_xSt7SR8NQixpVwiN9rHC8PchHJPV4FOTvON2/s320/layar+sentuh+android%2Bbergerak%2Bsendiri.jpg" title="7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" width="320" />

Ketika kita mengalami problem menyerupai touchscreen bergerak sendiri atau layar sentuh yang tidak merespon bahwasanya langkah awal yang paling gampang dilakukan ialah dengan melaksanakan seting sensitif layar android. Namun sebelum kita hendak mengatur sensitif layar touchscreen hp ataupun tablet android sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu kondisi layar sentuh ponsel android yang kita miliki tersebut. Apabila kondisi layar LCD android dalam kondisi yang baik dan tidak retak ataupun pecah maka kita perlu untuk mencoba melaksanakan kalibrasi layar sentuh hp android lantaran fungsi dari kalibrasi ini dipakai untuk merefresh kembali layar sentuh atau touchscreen ponsel semoga sempurna pada sentuhan. Berikut cara kalibrasi touchscreen android dengan gampang :

  1. Buka pengaturan dan pilih Calibiration. Karena letak kalibrasi ini berbeda beda di setiap ponsel maka carilah sajian kalibrasi yang terletak pada pengaturan atau setting.
  2. Setelah menemukan sajian calibration, pilih kalibrasi. Setelah menentukan kalibrasi maka layar akan bermetamorfosis putih untuk beberapa saat. Setelah itu akan muncul goresan pena "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  3. Kemudian sentuh layar sempurna di titik kalibrasi, akan muncul petunjuk untuk menyentuh layarnya dan ikuti petunjuk hingga proses selesai.

3.  Layar hp android ngeblank putih

android%2Bblank.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">Cara memperbaiki layar sentuh hp <a href=android yang tidak berfungsi 7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" border="0" data-original-height="600" data-original-width="700" height="274" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzCCP1MdaVJkV32jVFnXf9g2rOafTUy_HKQ1p8a9cWBTTBox1ovxZGbqRkT1moslv3qj1y5jW7MrlEOG2i938iQ600Rr1O6WgPqgunYA9Kyol-cVyEcgJZIZjLpYskHX_y25bI8iXbcRX7/s320/cara+mengatasi+layar+hp+android%2Bblank.jpg" title="7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" width="320" />

Layar blank pada hp android atau yang sering dikenal dengan istilah blank screen ialah suatu insiden dimana ponsel gres dihidupkan kemudian tiba-tiba eksklusif blank white screen padahal sebelumnya tidak mengalami benturan atau jatuh. Pada beberapa ketika kemudian layar smartphone android tersebut yang tadinya normal datang - datang menjadi ngeblur / warna pudar dan bahkan menciptakan layar ponsel android berubah putih semua. Masalah layar handphone ngeblank menyerupai ini bahwasanya sudah sangat sering terjadi terutama pada hp android lokal menyerupai advan, jadi kita tidak perlu cemas untuk tidak menemukan solusi guna mengatasi layar blank screen pada hp android tersebut. Berikut langkah sederhana untuk mengatasi layar lcd android yang ngeblank, yaitu dengan :

  1. Matikan hp android kemudian keluarkan / lepas baterai ponsel android dan pasang kembali
  2. Coba pakai baterai lain / berbeda sehabis itu lakukan charging
  3. Dan yang terakhir coba gunakan SIM card lain

4. Cara mengatasi touchscreen meleset


Untuk memperbaiki layar sentuh meleset atau sering yang beroperasi sendiri terdapat beberapa penyebab. Dan pada setiap penyebab layar sentuh tidak berfungsi tersebut mempunyai cara yang berbeda untuk mengatasinya. Berikut ulasan mengenai touchscreen jumping atau sering loncat pada hp android selengkapnya dibawah ini :

  1. Baterai Rusak cara mengatasinya ialah dengan mengganti baterai baru
  2. Charger Rusak cara mengatasinya ialah dengan mengganti charger
  3. Layar sering Panas cara mengatasinya ialah dengan mematikan data ketika tidak dipakai untuk mengurangi panas pada smartphone
  4. Screen Guard / Screen Protektor yang kotor cara mengatasinya ialah dengan mengganti anti gores atau screen guard dengan yang baru
  5. Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan cara mengatasinya ialah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan
  6. Bugs pada Software cara mengatasinya ialah dengan mengupgrade rom ke versi terbaru

baca juga :


5.  Touchscreen error ketika charge pada hp android


Pernahkah anda mengalami problem layar sentuh error ketika pada ketika dicharge ? Kejadian yang sering dialami para pengguna hp android pada ketika sedang mengecharge smartphone android ialah layar sentuh tidak berfungsi ketika dicas, layar touchscreen hp android bergerak sendiri ketika dicas dan bahkan hingga hp android nyetrum waktu sedang ngecharge. Oleh lantaran itu kita perlu melaksanakan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Ganti charger dan kabel USB dengan yang mempunyai kualitas terbaik
  2. Pindah charger ke stop kontak yang lain yang pedoman listriknya lebih baik dan stabil
  3. Untuk melepas ground statis yang menggangu touch screen ponsel maupun tablet android, gunakan kawat tembaga sekitar 5 cm kemudian lilitkan di pecahan “-” (negative) pada jack adapter. Pada ketika jari menyentuh layar touchscreen, gunakan sebelah jari tangan lainnya untuk menyentuh ujung kawat ini, fungsinya melepaskan statis ground lewat tubuh. Jangan kuatir tegangan yang dipakai tablet hanyalah kecil tidak akan nyetrum.

6.  Touchscreen error kena air


Untuk mengatasi layar sentuh hp android tidak berfungsi lantaran kemasukan ada beberapa metode yang sanggup kita lakukan. Namun yang perlu kami tekankan disini ialah ketika lcd kemasukan air baik itu lantaran terkena air hujan ataupun ponsel android masuk ke dalam air, jangan cepat - cepat untuk menghidupkan smartphone anda tersebut. Sebaiknya biarkan hp android kena air mati total tersebut dalam beberapa ketika kemudian cabut kartu sim, memori card hingga dengan baterai jikalau ponsel android anda mempunyai spesifikasi baterai removoble.

artikel menarik lainnya :

Setelah itu biarkan ponsel android tersebut hingga kondisinya benar - benar kering hingga tidak tersisa air yang ada di dalamnya. Selain itu kita juga sanggup melaksanakan cara mengatasi hp masuk air dengan beras lantaran beras sanggup dimanfaatkan untuk menyerap kelembaban pada HP dengan cara HP anda dimasukan pada tumpukan beras selama semalam.

7. Layar sentuh (Touchscreen) Error


Cara memperbaiki layar sentuh hp <a href=android yang tidak berfungsi 7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" border="0" data-original-height="400" data-original-width="400" height="320" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNV_9GPuVRgUA_SfqMXPo2TW4tVcBqQlQTnMHDum3k0DF-g70UUrQH2BsmXQEP1eMtaj0e65LZswFLVwwWwvQAS5kscxIbcza37UykRNa8nD14a4Rq2QpbJXz09UfMnFLsIi33ANRWRRo8/s320/layar+lcd+hp+berbayang.jpg" title="7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Dengan Praktis Pada Hp Android" width="320" />

Langkah terakhir yang sanggup dilakukan ketika touchscreen hp android error ialah dengan melaksanakan factory reset. Untuk cara melaksanakan reset ke pengaturan pabrik setiap smartphone android mempunyai tombol yang bereda - beda namun dengan googling kita sanggup mencarinya. Namun kami ingatkan sekali lagi jikalau kita akan melaksanakan factory reset tersebut sebaiknya kita melaksanakan backup terlebih dahulu, alasannya ialah dengan cara tersebut itu artinya kita siap untuk menghapus semua data yang ada didalam ponsel yang kita miliki. Untuk mengatasi touchscreen mati sebagian dengan cara factory reset tersebut, kita sanggup ikuti cara sebagai berikut :
  1. Pertama - tama dengan menekan tombol home / sajian diikuti dengan volume up / down
  2. Setelah itu cari Wipe Data atau Factory Reset dengan memakai pertolongan tombol volume down / up. Jika sudah ketemu pilih dengan menekan tombol home. 
  3. Kemudian pilih “Yes delete all user” kemudian tunggu hingga proses selesai.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi layar lcd (touchscreen) hp android yang error yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara diatas sanggup membantu anda yang sedang mengalami problem dengan layar sentuh ponsel androidnya. Sekian dan terima kasih ..

No comments:

Post a Comment