Thursday, October 3, 2019

Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )

Cara mengatasi dead spot - Bagaimana cara memperbaiki touchscreen hp android rusak sebagian yang sanggup kita lakukan sendiri dengan gampang ? Cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sebagian (deadspot) pada hp android yaitu sutu hal yang wajib untuk kita ketahui. Hal tersebut perlu untuk kita ketahui lantaran layar sentuh merupakan komponen terpenting pada sebuah smartphone android lantaran kalau kita biarkan terus menerus maka kita akan mendapati insiden dimana tombol hp android tidak sanggup disentuh. Lalu apa penyebab touchscreen tidak berfungsi padahal secara fisik layarnya masih normal, layar tidak ngeblur, dan juga tidak ada bercak hitam di layar ?

Ciri - ciri touchscreen tidak respon dan tidak berfungsi sebagian (deadspot)


Sebelum kita mulai membahas touchscreen android rusak sebagian tersebut, ada beberapa tanda-tanda yang akan muncul kalau hp layar sentuh yang tidak sanggup disentuh yang perlu untuk anda ketahui diantaranya :
  • Ponsel android akan tetap menyala normal, akan tetapi ada beberapa wilayah layar sentuh anda tidak sensitif terhadap sentuhan dan touchscreen tidak merespon dengan lancar.
  • Ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu pada sebuah hp android, touchscreen terkadang bergerak sendiri tidak beraturan tanpa adanya sentuhan.
  • Dan yang terakhir seringkali touchscreen macet (hang) atau tidak merespon sama sekali pada ketika disentuh.

Penyebab touchscreen hp android meleset


Memang kalau kita membicarakan faktor yang menjadi penyebab layar sentuh tidak berfungsi sebagian atau yang sering kita kenal dengan istilah dead spot akan ada bermacam - macam kemungkinan. Namun secara umum yang menjadi penyebab touchscreen hp android tidak berfungsi biasa terjadi lantaran beberapa hal, menyerupai :

  • Penggunaan charger ponsel yang tidak standar, atau memakai charger handphone milik ponsel dari merek lain.
  • Ponsel tertindih barang berat sehingga merusak sebagian fungsi dan menimbulkan layar sentuh / touchscreen jadi tidak normal.
  • Sistem android pada smartphone yang lambat lantaran banyak sekali sebab, misalkan belum dilakukannya update sistem dan sejenisnya sanggup mengakibatkan touchscreen ponsel kehilangan sebagian fungsinya.

Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengembangkan beberapa cara untuk memperbaiki touchscreen android yang mengalami kerusakan hanya pada beberapa potongan layar sentuh LCD saja. Disini kami akan berikan beberapa cara gampang memperbaiki touchscreen tidak berfungsi sebagian yang sanggup kita lakukan sendiri sebelum harus membawa ponsel android tersebut ke kawasan service hp android. Tentu kita ketahui bahwa kalau kita membawanya ke tukang service akan membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak sanggup disentuh tersebut, terlebih lagi kalau kita harus mengganti LCD dan touchscreen dari hp android itu sendiri. Mari eksklusif saja kita simak tutorial mengenai cara service touchscreen hp android mati separuh tersebut di bawah ini.

Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian (Dead Spot)

android%2Brusak%2Bsebagian.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">cara memperbaiki touchscreen hp <a href=android rusak sebagian Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )" border="0" data-original-height="600" data-original-width="700" height="342" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR6KYLPhqsfVgCKww7XqmLbvYe215am1GAnqcj6FKXBnQ4vi3f5e2POmJCUv0uBAOKlllSUUIJrsalyRRRsQTH1S5frVIbZP-I141pAvxRdsVzojsI17z2AqnD5LOUGQgsfpxf5954yQCA/s400/touchscreen+android%2Brusak%2Bsebagian.jpg" title="Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )" width="400" />

Jika terjadi layar yang error sebagian, baik mati sebagian ataupun layar tidak berfungsi sebagian sperti di atas maka ada baiknya kalau anda mencoba beberapa cara dari kami menyerupai sebagai berikut :

Cara gampang memperbaiki touchscreen android tidak berfungsi sebagian


1. Aktifkan sajian Pointer Location


Dengan mengaktifkan fitur Pointer Location kita sanggup mengetahui apakah sebagian layar sentuh tidak berfungsi pada hp android milik kita tersebut itu benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif. Untuk mengaktifkan Pointer Location, hal yang perlu kita lakukan yaitu :

Cara Mengaktifkan Pointer Location

1. Pertama - tama masuk pada sajian Setting kemudian klik About

2. Kemudian akan muncul Build Number, kemudian kita klik sebanyak 5x atau 7x (setiap merek hp android akan berbeda caranya) hingga muncul sajian Mode Pengembang.

3. Setelah itu akan muncul sajian Developer Options, kemudian klik dan akan muncul sajian Pointer Location. Aktifkan Pointer Location dengan cara mencentang pada kolom yang sudah tersedia pada sajian tersebut.
cara memperbaiki touchscreen hp <a href=android rusak sebagian Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )" border="0" data-original-height="452" data-original-width="320" height="320" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmkr6emM4H34aQqEh6j9doyfkfQ2n7F3SLZI8UY1_7Wxx5o-d0vT8rHlrfK1cQhBb8qgEKslspSjelqnMaEW_p1kaq7EyGLWge7pxZzXQIGqvxrGXrabEJffCxnrK1mAIrnYwNS_sqH2wX/s320/cara+mengaktifkan+point+location+2.jpg" title="Cara Memperbaiki Touchscreen Android Rusak Sebagian ( Dead Spot )" width="226" />

Apabila kita sudah mengaktifkan sajian pointer Location, maka akan muncul garis ketika touchscreen disentuh.
  • Garis yang muncul mengambarkan potongan touchscreen atau layar sentuh yang disentuh masih baik dan berfungsi. Apabila pada semua potongan sanggup diklik menyerupai itu, besar kemungkinan layar hp android yang kita miliki tersebut masih bagus, sehingga duduk masalah layar error sebagian bukan lantaran efek layar.. (baca juga : Tips Jitu Menghilangkan Titik Hitam Di Layar HP Android)
  • Akan tetapi apabila yang sebagian layar sentuh android bermasalah tersebut disentuh tidak muncul garis, terdapat kemungkinan besar memang duduk masalah layar sentuh tidak merespon di sebagian kawasan tersebut berasal dari LCD dan touchscreen itu sendiri dan perlu dilakukan penggantian part yang baru.

4. Jika semua titik masih muncul garis yang mengambarkan layar masih normal, maka yang perlu dilakukan yaitu Factory Reset untuk mengatasi layar tidak berfungsi sebagian tersebut.

2. Cek Posisi LCD Hp Android


Apabila dengan metode yang pertama kita belum mendapat hasil yang maksimal maka kita perlu untuk melaksanakan pengecekan posisi LCD terhadap dudukan pada plat PCB di smartphone android yang kita miliki. Cara memperbaiki touchscreen android rusak sebagian ini biasanya dilakukan pada beberapa layar sentuh hp android yang tidak sanggup disentuh lantaran sebelumnya telah mengalami benturan atau jatuh, berikut langkah - langkah pengecekannya :

  1. Buka casing pentutup ponsel
  2. Setelah itu buka juga potongan LCD, dan lihat soket LCD ponsel android tersebut
  3. Secara visual sanggup dilihat, kemungkinan soketnya bermasalah dan sanggup kita coba mengatasinya dengan menyemprotkan Contact Cleaner
  4. Kemudian lihat juga pada LCD nya, apakah ada abnormalitas fisik contohnya retak, dll. Kemungkinan besar kalau secara fisik sudah rusak, ada baiknya ganti LCD baru.

lihat juga :


Demikian panduan mengenai cara mengatasi duduk masalah touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi sebagian pada ponsel android yang sanggup kami sampaikan pada pertemuan kali ini. Semoga artikel kami kali ini sanggup membantu anda untuk mengatasi touchscreen eror di hp android yang selama ini anda alami. Mengingat pentingnya fungsi layar sentuh / touchscreen hp android, alangkah baiknya kalau kita lebih bijak dan berhati - hati dalam memakai smartphone android yang anda miliki tersebut. Sekian dan terima kasih ..

No comments:

Post a Comment