Thursday, October 3, 2019

Cara Mengatasi Tablet Sering Restart (Mati Sendiri) Tanpa Factory Reset

Tablet sering restart sendiri - Bagaimana cara mengatasi tablet sering restart sendiri ? Bagi para pengguna smartphone android ataupun tablet android tentu penyebab tablet mati mendadak terutama pada perangkat tablet tentu sudah menjadi duduk kasus yang selalu di jumpai kini ini. Tablet yang datang - datang mati sendiri ketika sedang dipakai ketika bermain game ataupun multi tasking berselancar di dunia internet tentu menjadi hal yang sangat tidak menguntungkan bagi penggunannya. Banyak presepsi menyampaikan duduk kasus tablet sering restart sendiri itu sering kali terjadi pada jenis tablet buatan cina ibarat tablet advan sering mati mendadak, mito, maupun evercross. Namun kini ini bukan hanya tablet advan saja yang mengalami duduk kasus tersebut, samsung galaxy tab sering restart kini ini juga mulai bermunculan dari keluhan para penggunanya.

Android restart sendiri terus menerus bersama-sama sanggup dikatakan muncul dari diri kita sendiri. Mengapa tidak ? Dalam penggunaan sebuah tablet bersistem operasi android tentu kita tidak akan puas hanya dengan sebuah aplikasi bawaan saja, dari situlah kita mulai mencoba sebuah aplikasi / game yang membutuhkan suatu susukan root pada tablet android tersebut dimana hal itulah yang menjadi awal penyebab tablet sering mati sendiri. Setelah itu gres mulailah muncul duduk kasus yang akan timbul sehabis anda menginstal aplikasi dan game tersebut yaitu Tablet Android datang - datang restart sendiri. Lantas langkah apa yang harus kita lakukan sebagai cara memperbaiki tablet yang sering mati sendiri tersebut ? Jika kita membawanya pribadi ke daerah service hp ataupun tablet untuk memperbaiki tablet sering restart sendiri tersebut biasanya akan diberikan solusi dengan melaksanakan sebuah factory reset untuk mengatasi duduk kasus tersebut.

Factory reset merupakan jalan terakhir jikalau kita belum menemukan cara lain untuk memperbaiki tablet yang restart terus menerus tersebut. Namun pada postingan smartphone solution kali ini, kami akan mencoba menyebarkan tips mengenai langkah awal untuk mengatasi ataupun meredakan tablet yang sering datang - datang mati tersebut jikalau penyebab utamanya yakni lantaran software dari tablet android tersebut. Oleh lantaran itu mari kita pribadi saja mulai membahas perihal cara mengatasi tablet samsung restart terus menerus yang sudah kami rangkum pada goresan pena dibawah ini.

Cara Mengatasi Tablet Sering Restart (Mati Sendiri) Tanpa Factory Reset

cara mengatasi tablet sering restart sendiri Cara Mengatasi Tablet Sering Restart (Mati Sendiri) Tanpa Factory Reset


Sebelum kita mulai membahas perihal tablet sering restart sendiri ada baiknya jikalau kita mengenal apa penyebab tablet sering restart tersebut supaya kita tidak salah melaksanakan perbaikan di tahap selanjutnya. Dibawah ini yakni beberapa penyebab tablet sering restart, diantaranya sebagai berikut :

Penyebab duduk kasus tablet android sering mati sendiri 


1. Terlalu Banyak File Sampah Yang Menumpuk


  • Setiap anda membuka dan menjalankan aplikasi tentunya akan memproduksi file sampah atau file cache secara terus – menerus. Dan apabila file tersebut terus menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka sanggup mengakibatkan ponsel android terasa berat, sering error, force close datang – tiba, hang, dan pada karenanya restart dengan sendirinya. File sampah menumpuk tersebut sanggup dicontohkan ibarat riwayat penelusuran di google tablet android yang kita miliki.

2. Sistem Android Error


  • Jika sistem android mengalami kerusakan lantaran hal tertentu, mungkin secara tidak sengaja anda menghapus file sistem maka secara tidak pribadi hal tersebut menciptakan sistem android terjadi error, hang, restart sendiri.

3. Sistem Android Telah di Root


  • Root memang terlihat sangat baik untuk pengguna, tapi bersama-sama root tidak baik untuk smartphone itu sendiri. Dengan root pengguna bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses dan pengguna bisa memasang game berat yang sebelumnya tidak bisa dipasang. Tapi terkadang root dibeberapa masalah sanggup menciptakan file sistem error, mungkin saja terjadi crash pada file tertentu dan menimbulkan Android mati sendiri. 

4. Terjadi Kerusakan Pada Aplikasi


  • Apabila ada aplikasi yang error, terasa berat, berhenti datang – tiba, muncul pesan error, force close maka hal tersebut bisa menjadi kemungkinan smartphone android anda restart dengan sendirinya.  File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible menciptakan sistem android sering error.

5. Game (Beta)


  • Game versi beta atau versi coba -  coba bisa mengakibatkan HP Android mengalami Restart dengan sendiri. Mungkin game yang anda pasang Kurang lengkap atau mungkin game yang anda pasang tidak kompatibel dengan sistem sehingga mengakibatkan terjadinya error berturut – turut dan alhasil restart dengan sendirinya.

6. Overload Pada CPU, Memory RAM dan GPU


  • Beban yang terlalu banyak atau berat sanggup menciptakan hardware mengalah dalalam menangai semuanya. Banyaknya aplikasi yang anda jalankan menciptakan hardware tidak kuasa melaksanakan semuanya. Setiap smartphone mempunyai kemampuan yang berbeda – beda, untuk itulah sebagai penguna yang bijak anda tidak perlu memaksakan sesuatu yang memang tidak bisa dilakukan oleh smartphone milik anda. Overload pada hardware utama ibarat CPU, Memory RAM dan GPU akan menciptakan hang, dan pada karenanya smartphone akan restart/mati sendiri.

7. Panas Berlebihan (Overheat)


  • Hardware yang terlalu panas sering kali terjadi pada baterai smartphone. Dan apabila baterai panas maka akan merambat ke hardware lain ibarat RAM, Processor, dan lain – lainnya. Semua jenis teknologi ibarat smartphone memang dirancang untuk melaksanakan restart sendiri apabila suhu hardware serasa sangat panas. Hal ini juga sering terjadi pada komputer, terlalu panas hardware komputer juga sanggup menimbulkan komputer restart sendiri.

8. Crash Software


  • Aplikasi yang bertabrakan biasanya terjadi pada 2 anti virus atau game Android. File yang bertabrakan mungkin disebabkan lantaran update yang belum selesai sehingga menciptakan file campur aduk dan sering mengalami error. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi restart.

9. Terserang Virus Jahat


  • Virus merupakan ancaman pada semua sistem operasi, baik itu pada komputer ataupun smartphone. 1 virus yang berbahaya bisa – bisa mengakibatkan semua sistem rusak total. Contoh sederhana restart sendiri, mungkin virus tersebut masuk pada sistem reboot yang menciptakan smartphone sering terjadi restart. Sebaiknya gunakan anti virus handal untuk menghapus dan mencegah masukkan virus ke sistem android.

10. Usia HP Sudah Tua


  • HP yang sudah berumur lebih dari 3 atau 4 tahun bisa dikatakan sudah tua, dan untuk kualitas dan performa dari hardware smartphone itu sendiri niscaya menurun. Artinya sebagai pengguna jikalau memang umur HP sudah tua, tidak perlu memaksakan HP untuk bekerja keras dalam memaksimalkan penggunaan. 

Setelah mengetahui penyebab tablet sering mati sendiri diatas tentu anda ingin mengetahui juga solusi mengatasi hp restart sendiri terus, untuk itu simak tips perihal memperbaiki tablet android yang sering booting dibawah ini :

Cara Mengatasi Tablet Android Sering Restart


1. Reset tablet android


  • Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum kita melaksanakan hal yang lebih jauh, pertama matikan tablet kemudian cabut baterai beserta microSD hingga beberapa detik. Kemudian diamkan sejenak hingga chipset tidak mendapatkan energi dari baterai dan sehabis itu pasang kembali baterai tablet tersebut kemudian hidupkan kembali.

2. Clear cache dan clear data


  • Setelah kondisi tablet hidup langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yakni bersihkan cache atau data yang tersimpan. Buka aplikasi atau game yang sering mengakibatkan restart pada hp / tablet android dengan cara buka Setting >> Application >> All sehabis itu cari aplikasi tersebut. Jika anda seudah menemukannya kemudian Tap tombol >> Clear cache dan Clear data. Untuk membantu mempermudah anda dalam menghapus cache dan data, anda sanggup menginstall aplikasi clear master yang sanggup anda unduh di play store smartphone android anda.

3. Perbarui aplikasi yang sudah terinstall di tablet anda


  • Tablet sering restart sendiri sanggup disebabkan oleh bugs dari aplikasi yang belum pernah diupdate. Untuk memperbarui aplikasi di tablet anda sanggup dilakukan dengan membuka aplikasi Google play store >> My Apps >> Installed kemudian tap Update.
  • Hapus aplikasi yang membebani tablet android anda. Contoh saja misal aplikasi battery saver, aplikasi penghemat baterai tersebut akan bekerja pada background dan mengambil beban RAM yang cukup berpengaruh lantaran jenis aplikasi ini terus akan terus memonitor OS.

4. Ganti SDcard dengan kelas yang lebih tinggi


  • Kartu memori eksternal yang telah rusak atau error sanggup menjadi sumber dari banyak sekali duduk kasus terhadap Android. Oleh lantaran itu anda sanggup memformat kartu memori tersebut atau mengganti dengan kartu memori yang baru.

5. Lakukan Wipe Cache Partition


Wipe cache partition bertujuan untuk menghapus cache pada game ataupun aplikasi yang pernah kita install dan sudah kita hapus, lantaran hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sementara yang telah rusak yang berpotensi untuk timbulnya duduk kasus tablet sering restart sendiri. Untuk melaksanakan cara ini Anda harus masuk kedalam recovery mode. Berikut akan kami berikan pola mengatasi android sering mati sendiri atau restart pada samsung galaxy tab dengan cara masuk ke recovery mode :

  1. Petama - tama matikan Hp atau Tablet Android.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol Volume Up, Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tunggu hingga Tablet Android bergetar atau sudah muncul robot Android segera lepaskan tombol Power.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan layar recovery mode dan kemudian lepaskan kedua tombol Volume Up dan Home.
  5. Langkah berikutnya gunakan tombol Volume Down kemudian arahkan ke pilihan "Wipe cache partition".
  6. Setelah terpilih, tekan tombol Home.
  7. Setelah itu Tablet atau Smartphone Android akan secara otomatis restart sehabis berhasil melaksanakan wiped out.

6. Lakukan Hard Reset. 


Ikuti langkah pada nomor enam tetapi kita menentukan "wipe data / factory reset". Kemudian sehabis berhasil tap "Reboot system now". Namun untuk langkah ini pastikan semua data yang sudah tersimpan di memori telepon sudah anda back up terlebih dahulu.

lihat juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang gres saja membahas perihal cara memperbaiki tablet yang sering mati sendiri. Semoga artikel kami kali ini sanggup membantu anda dalam mengatasi tablet android yang sering restart, sekian dan terima kasih ..

No comments:

Post a Comment