Friday, February 12, 2016

Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text

Penting untuk anda ketahui khususnya para operator sekolah atau madrasah Padamu negeri atau yang lainnya, yaitu Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text pada micrososft excel, Karena nantinya anda akan dihadapkan sebuah perkara menyerupai merubah format penanggalan bagi data tanggal kelahitan siswa-siswi yang akan anda upload pada akun Padamu Negeri yaitu dari mm-dd-yyyy Menjadi yyyy-mm-dd, artinya dari awalnya penulisan tanggal lahir itu bulan-tanggal-tahun atau tanggal-bulan-tahun, maka jikalau di upload nantinya di harukan untuk merubah format penanggalan menjadi tahun-bulan-tanggal.

Lalu bagaimana jikalau data siswa-siswi anda sangat banyak? Apakah harus di inpu satu-per satu? Tentu jikalau anda tidak ada pilihan lain maka anda terpaksa input data tanggal lahir sisiwa-sisiwi anda secara manual yaitu input satu persatu. capek juga pokoknya. namun anda juga akan mengalami sebuah permasalahan jikalau anda input dengan format yyyy-mm-dd yaitu ternyata tidak bisa, alasannya yaitu data excel akan tetap kembali ke format mm-dd-yyyy. solusinya ada yang menyampaikan yaitu merubah format tangal menjadi text namun jikalau saya praktikkan maka data akan menjadi sebuah angka saja dan tidak terlihat sebuah tannggal lahir, namun bergotong-royong angka itu yaitu angka jumlah umur yang di hitung secara keseluruhan yang otomatis semenjak excel di terbitkan. dan jadinya akan menyerupai pada gambar di bawah ini:

Silahkan anda baca juga : Rumus microsoft excel yang paling umum digunakan

 Penting untuk anda ketahui khususnya para operator sekolah atau madrasah Padamu negeri at Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text
Namun lagi-lagi Akun padamu negeri tidak mendapatkan (gagal upload) jikalau memakai cara di atas,. Lalu bagaimanakah solusinya?

Solusinya yaitu menciptakan rumus terlebih dahulu pada tanggal tersebut pada excel gres untuk mencoba, sesudah berhasil maka data tersebut silahkan anda copy kemudian paste kan pada data yang akan anda kirim ke akun padamu negeri namun ingat Paste nya pake Paste_Value ya. Rumus tersebut adalah:

=TEXT(H3,"yyyy-mm-dd")

Keterangan rumus:
  • = : yaitu sebuah perintah bahwa akan ada sebuah rumus
  • TEXT : rumus menciptakan Text
  • H3 : yaitu nilai range yang anda maksud, sehubungan tanggal lahir siswa tersebut sempurna pada kolom H baris 3, jadi H3
  • , : yaitu aba-aba spasi antar rumus, jikalau anda gagal dalam menerapkan rumus di atas maka silahkan anda ganti aba-aba , (koma) menjadi ; (titik koma) hal ini di karenakan perbedaan format bahasa komputer/laptope yang anda gunakan.
Dan selanjutnya silahkan anda tarik pointer kebawah hingga simpulan semua tanggal lahir siswa-siswi tersebut, Makara silahkan anda lakukan menyerupai pada gambar berikut:
 Penting untuk anda ketahui khususnya para operator sekolah atau madrasah Padamu negeri at Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text
Dari hasil pada Kolom ""K" di atas silahkan anda copy kemudian "Paste value" ke kolom tanggal lahir sisiwa-sswi anda maka data tanggal lahir siswa-siswi anda pun berformat yyyy-mm-dd. dan lihat risikonya sesudah saya copy kan pada kolom tanggal lahir:
 Penting untuk anda ketahui khususnya para operator sekolah atau madrasah Padamu negeri at Cara Cepat Merubah Format Tanggal (Date) Ke Text
Dan sekarang file excel anda pun sudah sanggup anda kirim ke akun padamu negeri, selamat mencoba biar bermanfaat, hingga jumpa salam. Silahkan anda baca juga Kemana mengirim file hasil backup emis pendis?

No comments:

Post a Comment