Saturday, February 20, 2016

Cara Merubah Blogspot Menjadi Dotcom (Custom Domain)

Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika merubah/mengganti dari blogspot menjadi dotcom (custom domain), jadi kita kali ini akan mencar ilmu untuk mengganti/merubah domain dari yang awalnya blogspot.com menjadi dotcom saja. hal ini biasa di ungkapkan oleh para bloger dengan istilah custom domain apapun istilahnya yang penting kita akan menciptakan blog berdomain tingkat tinggi (TLD), kemungkinan anda ingin merubah domain blogspot tersebut ke dotcom adakalanya alasannya ialah ingin blognya lebih terlihat profesional dan keren atau ingin upgrad akun adsense dari yang hosted ke nonhosted, entah apa tujuan anda yang penting anda tahu langkah-langkahnya untuk merubah domain dari blogspot.com menjadi dotcom. Baiklah eksklusif saja demikianlah langkah-langkah untuk custom domain Blogspot menjadi dotcom

Cara Custom Domain Blogspot ke dotcom

Pertama yang perlu anda persiapkan ialah :
  1. Blog yang berdomain blogspot yang sanggup anda dapatkan dari blogger milik google
  2. Sudah sewa domain Tld / domain tingkat atas baik dot.com, .net .org dan lain sebagainya
  3. Ketelitian

Sekarang saatnya praktik, bila anda sudah menyewa domain dan sudah menuntaskan administrasinya dan kini saatnya anda alihkan domain yang masih memiliki komplemen blogspot.com tersebut ke domain tingkat atas .com, dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan anda login ke blogger anda
2. Pada sajian Dasbor blogger silahkan anda pilih Setelan dasar >> Penerbitan >> Alamat blog dan silahkan anda klik pada goresan pena "Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda" untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan pada gambar berikut:
 Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika merubah Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)

3. Kemudian silahkan anda masukkan nama url atau Domain tld yang sudah anda sewa tadi, dalam hal ini dulu saya pernah menyewa domain www.imammuttaqin.com. dan jangan hingga lupa memberi awalan "www" di awal nama domain, sehingga nantinya akan tampil sebuah peringatan error sebagai berkut:
 Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika merubah Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)
4. Perhatikan pada bab yang telah saya beri tanda kotak merah di atas, yaitu ada dua buah bab isyarat dan dalam satu bab isyarat terdapat dua buah kode, isyarat inilah yang nantinya kita pasang pada server domain tld anda.
5. Sekarang kita menuju akun Domain, dan silahkan anda login dengan memakai email yang pernah anda gunakan untuk mendaftar, dalam hal ini dulu saya menyewa di idhostinger, jadi saya login ke web idhostinger. pada beranda akun silahkan anda cari "CNAME" yang bila dalam akun hostinger terdapat pada sajian DNS, bila anda lain dengan kami silahkan anda sesuaikan saja biasanya istilah berbeda namun pada pada dasarnya sama saja. sehingga akan tampil sebagai berikut:

 Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika merubah Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)
6. Pada bab CNAME ini silahkan anda isi (sesuaikan) dengan isyarat yang tertera pada gambar pada poin nomor 3 di atas, isyarat bab kiri silahkan letakkan pada bab kiri (Host) istilah lain selain host ada yang berupa label, Name, menyerupai pada gambar di atas yaitu "www" (tanpa tanda kutip) sedangkan isyarat yang kanan silahkan letakkan pada bab kanan juga (Diarahkan ke) istilah sanggup berbeda pada layanan domain anda menyerupai Destination, addres, point, Target. jadi silahkan anda masukkan ghs.google.com
7. Sekarang kita menuju ke A-RECORD atau Addres Record, pada bab ini silahkan anda isi pada record/rekaman alamat sesuai standard panduan google yaitu silahkan anda masukkan nilai sebagai berikut :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Sehingga nantinya akan menjadi menyerupai pada gambar berikut:
 Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika merubah Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)
8. Simpan Pengaturan DNS anda.
9. Dan dari sini belum selesai, kini kita menuju lagi ke dasbord pada setelan sama menyerupai pada poin nomor 1 diatas, untuk menyimpan, yang awalnya tadi anda simpan terjadi error maka sesudah server anda atur sedemikian rupa maka pengalihan pun sudah sanggup di simpan.
10. Belum tanggapan juga alasannya ialah kita belum mengaktifkan pengalihan alamat dari blogspot ke dotcom jadi satu langkah lagi anda akan selesai. masih pada setelan dasar blogger tadi pada alamat blog silahkan anda pilih "Edit" dan ceklis pada sajian "Alihkan" menyerupai pada gambar:

 Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika merubah Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (Custom Domain)

Alhamdulillah, ahirnya tanggapan juga. tidak mengecewakan usang ya prosesnya tapi juga tidak mengecewakan asik bermain server. he. Ok demikianlah sharing kami kali ini perihal Cara Merubah Blogspot menjadi dotcom (custome domain) agar bermanfaat, kususnya bagi anda yang gres menyewa domain Tld/dotcom. Apabila blog anda tidak sanggup terbuka, silahkan anda tunggu 1x24 jam kemungkinan pengalihan server masih berjalan, jadi akan terjadi error selama belum normal kembali. hingga jumpa salam. Silahkan anda baca juga Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris Tanpa Ahli Bahasa Inggris

No comments:

Post a Comment