Tuesday, April 23, 2019

Inilah Diam-Diam Kesuksesan Game Clash Of Clans

Inilah diam-diam kesuksesan game Clash of Clans. Clash of Clans (COC) merupakan salah satu judul game yang masih bertengger bagus di kategori popular apps baik di toko aplikasi online Google Play Store maupun Apps Store. 

Clash of clans (COC) pertama kali dirilis pada 2 Agustus 2012, game ber-genre strategy ini sudah mempunyai total jutaan gamer dari seluruh dunia dari aneka macam kalangan dan umur.


Kesuksesan COC menuju posisi puncak dengan gelar game terpopuler tentunya tidaklah instan. Supercell selaku tim pengembang game ini bekerja keras dan mengatur taktik supaya COC semakin dimainkan oleh banyak orang.

Mengutip isu dari Realty Today, Sabtu (29/8/2015), Jonas Collaros, programmer server COC mengungkap `resep` di balik kesuksesan game kolosal ini pada ajang Game Developers Conference yang dihelat di San Francisco. Ia menyampaikan bahwa game tersebut sangat terkenal alasannya yaitu alasan sederhana yang begitu mendasar, yakni alasannya yaitu gratis.

"Karena gratis, banyak gamer yang akan mengunduh game ini secara `one step at a time` (dengan mudah). Selain itu, game ini juga mempunyai gameplay strategy yang simpel, namun berbobot. Gameplay tersebut pun sangat adiktif sehingga tak heran `mengatur` desa dan pasukan di game ini menjadi rutinitas dari keseharian mereka," kata Jonas.

Lebih lanjut dijelaskan, Supercell memang menciptakan konsep gameplay COC supaya dimana gamer selalu terlibat di setiap misi yang dilakukan.

Gamer secara rutin akan menyidik base atau clan mereka dan mengikat `koneksi` dengan para gamer lain, mengingat COC merupakan game multiplayer. Di dalam kesempatan ini,gamer tentunya akan meluangkan lebih banyak waktu.

"Bila COC sudah menjadi rutinitas harian mereka, maka gamer tersebut kami nilai `loyal` dan dapat memainkan game tersebut dalam jangka waktu yang lama," tambahnya.

Namun, ia menghimbau kepada para gamers supaya tidak menimbulkan COC sebagai sesuatu yang `mandatory` (wajib) mengingat sebagian besar gamer COC masih merupakan dari kalangan pelajar. walau begitu, Jonas berharap resep jitunya ini dapat diterapkan sebagai taktik bisnis di industri game yang dapat diadopsi para developer lainnya supaya dapat mendulang kesuksesan menyerupai COC

No comments:

Post a Comment