Saturday, April 20, 2019

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Android Bootloop

Penyebab dan cara mengatasi Hp android Bootloop. Kenapa Hp android Mati Total, dan Tidak Mau Start ? bagaimana cara mengatasi android bootloop dengan gampang ?

Android bootloop, mati total, atau secara tiba-tiba tidak dapat restart seringkali terjadi dan dialami para pengguna Android, termasuk android punya adik saya yang beberapa hari kemudian juga mengalami Bootloop. Masalah ini kerap menciptakan panik, dan putus asa. Lalu Bagaimana solusi dan cara mengatasi smartphone Android boot loop, atau mati total ?

Cara mengatasi Android bootloop sederhana dan gampang yaitu mengembalikan ke “setelan pabrik” atau “ Factory Reset “ melalui Recovery Mode.

Buat Anda yang belum tahu Factory Reset, perlu kami jelaskan, bahwa Factory Reset yaitu mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, menyerupai ketika pertama kali beli, alias setelan eksklusif dari pabrik.

Inilah Beberapa Jenis Bootloop Android yang pelu anda ketahui :


1. Android Light Bootloop
Saat pemakain normal tiba-tiba Android anda Reboot atau Restart otomatis, namun ketika dihidupkan lagi hanya hingga logo saja dan berhenti disitu terus.

2. Android Medium Bootloop
Biasa muncul akhir pengguna android sengaja mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa dipakai untuk membuka system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.

3. Android Hard Bootloop

Android hard bootloop terjadi alasannya kita mengedit sricpt dalam Android . Contohnya, Meng-upgrade OS, biasanya jikalau kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita semoga dapat masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya mempunyai ciri ketika dinyalakan hanya hingga logo saja, tak bergerak lagi.

Umumnya hampir setiap permasalahan pada HP dan tablet Android dapat diatasi dengan melaksanakan langkah Factory Reset. Namun, langkah ini dapat berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya, sehingga perlu melaksanakan install ulang.

Cara mengatasi Android Bootloop:

1. Mengatasi bootloop ringan

Matikan android Anda (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit hingga 24 jam. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali. Lalu amati, jikalau problem bootloop masih terjadi maka lanjutkan ke solusi kedua.
Tetapi ada kalanya sesudah anda cabut memori, dan android anda hidupkan lagi (tanpa memori), maka Hp android anda akan hidup lagi alias tidak bootloop lagi

2. Mengatasi bootloop parah

Kembalikan ke pengaturan pabik atau factory reset. Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting. Nah, solusinya kita harus masuk ke Recovery Mode.
Cara masuk ke recovery mode yaitu dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, namun setiap brand caranya beda-beda. Berikut yaitu daftar cara masuk ke recovery mode menurut brand yang saya ketahui:

Samsung
Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power
Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power

HTC
Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan hingga muncul recovery mode)

HUAWEI
tombol Power + volume up + Tombol Power

LG
tombol Home + Volume Up + Power

Andromax
tombol Home + Volume Up + Power

ADVAN VANROID
Power + Tekan Volume Down hingga keluar gambar Android dan tanda segitiga kemudian tekan tomboh Home

CROSS
Power + Volume DOWN

Jika berhasil Anda akan melihat tampilan di layar Hp anda, Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power untuk mengesekusi. Dimulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/factory reset dan tekan tombol power.

Kemudian arahkan kembali kursor ke Yes — delete all user data dan tekan tombolpower. Berikutnya perangkat akan memproses usul reset yang Anda minta. Beberapa perangkat ada yang eksklusif restart, tapi beberapa lainnya hanya memberi gosip selesai.

Jika perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombolpower. Sampai di sini kiprah Anda sudah simpulan separuhnya, sesudah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem, Langkah berikutnya relatif mudah, silahkan atur kembali akun Anda, kemudian unduh aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan atau restore hasil backup jikalau punya.

No comments:

Post a Comment